close menu

Masuk


Tutup x

Serangan Israel ke Gaza Membunuh 10 Petinggi Hamas, Ini Nama-namanya

Serangan Israel
Pasukan Hamas di Jalur Gaza Palestina (Foto: Akun X Sulaiman Ahmed)

Penulis: | Editor: Vincent Ngara

FAJARNTT.COM – Serangan Israel yang sudah berlangsung lama turut membunuh beberapa petinggi Hamas yang bertempur dalam lima bulan terakhir.

Pembebasan puluhan sandera dan rencana gencatan senjata selama beberapa hari tak menjadi akhir dari perang antara Israel dan Hamas.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu menegaskan tidak akan tunduk pada tekanan internasional untuk menghentikan agresi Israel di Jalur Gaza Palestina.

“Tekanan internasional sebesar apa pun tidak akan menghentikan kami untuk mewujudkan semua tujuan perang: melenyapkan Hamas, melepaskan semua sandera kami, dan memastikan bahwa Gaza tidak lagi menjadi ancaman terhadap Israel,” kata Netanyahu dalam pertemuan dengan kabinetnya, pada Minggu, 17 Maret 2024.

Sejak agresi Israel pada 7 Oktober, terdapat 10 petinggi Hamas yang terbunuh dalam berbagai pertempuran.

Berikut daftar petinggi Hamas yang tewas oleh pasukan Israel dalam beberapa waktu terakhir.

1. Ayman Nofal
Militer Israel berhasil membunuh komandan tertinggi Hamas, Ayman Nofal yang bertugas di kamp pengungsi Bureij, Gaza. Kematian Nofal dikonfirmasi oleh kelompok sayap bersenjata Hamas, Brigade Izz el-Deen al-Qassa imbas serangan udara Israel pada Oktober 2023. Nofal merupakan tokoh yang berpengaruh di Hamas dalam pembuatan senjata dan mengarahkan roket untuk ditembakkan ke Israel. Ia juga pernah terlibat menjadi kepala intelijen Hamas.

2. Bilal Al Qedra
Bilal Al Qedra menjadi salah satu komandan Hamas yang terbunuh oleh militer Israel. Juru bicara IDF, Letnan Kolonel Peter Lerner mengungkapkan bahwa Bilal tewas saat memimpin serangan terhadap Kibbutz atau pemukiman Nirim di dekat perbatasan Israel, dikutip dari CNN.

“Ini hanya untuk mencontohkan bahwa kami memiliki intelijen untuk memusnahkan kepemimpinan Hamas sampai ke pihak-pihak peneror yang melanggar, menembus, dan membantai bayi di kamar tidur mereka. Jadi, operasi sedang berlangsung,” ujar Lerner.

3. Muetaz Eid
Israel menargetkan 250 titik serangan untuk melumpuhkan Hamas dalam serbuan balasan ke Gaza. Lebih dari itu, Israel juga menyerang lebih dari 100 sasaran militer di Zaytun, Khan Yunis, dan Jabaliya barat. Israel gencar menggempur berbagai pusat komando operasional, kompleks militer, lusinan peluncur, pos peluncuran rudal anti-tank, dan pos pengamatan. Hingga pada akhirnya Israel berhasil menggugurkan komandan Hamas, Muetaz Eid. Kematiannya pun dikonfirmasi oleh intelijen IDF dan Badan Keamanan Israel (ISS) yang mendeteksi di distrik selatan.

4. Merad Abu Merad
IDF mengklaim berhasil membunuh komandan Hamas, Merad Abu Merad, saat menyerang Gaza pada tahun lalu. Merad terbunuh atas serangan jet tempur Israel menyasar markas operasional Hamas.
Merad dikenal sebagai pemimpin yang memberi komando serbuan Hamas ke Israel pada Oktober 2023.

Iklan

Komentar

You must be logged in to post a comment.