close menu

Masuk


Tutup x

Rikar Pentor: Insan Media adalah Pilar Penting Pesta Demokrasi Pilkada

Rikar Pentor
Kegiatan Sosialisasi Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Pada Kabupaten Manggarai Tahun 2024 Bersama Insan Media di Aula KPU Kabupaten Manggarai. (Foto: FAJARNTT.COM)

Penulis: | Editor: Vincent Ngara

RUTENG, FAJARNTT.COM – Rikar Pentor mengakui bahwa KPU Kabupaten Manggarai telah berkoordinasi dengan pelbagai stakeholder untuk penyelenggaraan tahapan Pilkada serentak November mendatang.

Selain itu, ia juga mengakui bahwa insan media merupakan salah satu pilar penting dalam perhelatan pesta demokrasi, baik itu Pemilu maupun Pilkada.

“Kami memandang dalam konteks bahwa teman-teman (insan media) adalah pilar demokrasi untuk menyampaikan seluruh tahapan baik Pemilu maupun Pilkada serentak November mendatang,” kata Ketua KPU Kabupaten Manggarai ini, pada Rabu, 29 Mei 2024.

Rikardus Jemmi Pentor menyampaikan hal ini pada kegiatan Sosialisasi Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Pada Kabupaten Manggarai Tahun 2024 Bersama Insan Media di Aula KPU Kabupaten Manggarai.

Hadir pada kegiatan ini Anggota KPU Manggarai Herybertus Harun, Florianus Irwan Kondo, Fransiskus Dohos Dor. Turut hadir insan media, baik media nasional maupun lokal.

Menurutnya, KPU Manggarai mengacu pada PKPU Nomor 2 Tahun 2024 terkait seluruh tahapan persiapan penyelenggaraan Pilkada serentak.

“Kami fokus pada tahapan dan KPU juga sudah melaksanakan beberapa tahapan. Terkait anggarannya, kemarin kami sudah berkoordinasi dengan pihak kejaksaan untuk melakukan pendampingan,” ungkapnya.

“Kami harus akui bahwa ini adalah uang rakyat. Untuk itu, kami harus berkoordinasi dengan Kejaksaan,” ungkapnya lagi.

Rikard pun merincikan bahwa Pilkada Manggarai November mendatang jumlah tempat pemungutan suara (TPS) adalah 750 dan jumlah pemilih dalam tiap TPS adalah 600 pemilih.

Prinsip TPS, jelas Rikard, tidak boleh memisahkan pemilih dalam satu kepala keluarga, tidak boleh menggabungkan TPS dalam satu desa atau kelurahan, dan melihat dari sisi geografis yaitu mendekatkan para pemilih dalam satu TPS.

KPU Manggarai, lanjut Rikard, sudah menerima data penduduk potensial pemilih Pemilu atau DP4 dari Kemendagri berjumlah 237.438. KPU akan menverifikasi data tersebut.

Lalu, KPU Manggarai juga akan mengumumkan perekrutan Pantarlih dalam waktu dekat. Pantarlih akan jalan dari rumah ke rumah untuk melakukan sensus.

Rikar Pentor
Kegiatan Sosialisasi Tahapan Pilkada Bersama Insan Media di Aula KPU Kabupaten Manggarak. (Foto: FAJARNTT.COM)

Rikard pun berharap insan media untuk mendorong partisipasi masyarakat agar memastikan dirinya ada dalam daftar pemilih tetap atau DPT. Hal itu merujuk pada catatan KPU Manggarai pada Pemilu 2024 lalu.

“Kemarin (Pilpres dan Pileg) ada masyarakat baru melapor namanya (sebagai pemilih) saat H-2 dan H-3,” terangnya.

Kemudian, lanjutnya lagi, kepada seluruh pemilih yang sudah genap berumur 17 tahun atau sudah berkeluarga untuk segera mengurus KTP elektronik.

Rikard juga selalu berharap masyarakat turut mengawal proses ini, sehingga semua yang punya hak pilih terakomodir dalam DPT. Tujuannya ini agar mengurangi pemilih DPK, sehingga semua pemilih terdaftar dalam DPT.

“Kami yakin akan ada peningkatan pemilih pemula, termasuk dalam pencocokan dan penelitian atau Coklit. Kami juga akan melihat pemilih yang masuk kategori tidak memenuhi syarat (TMS),” tutup Rikardus Jemmi Pentor.

Terpisah, Paul Peos melalui aplikasi pesan whatsapp kepada media ini berharap KPU Manggarai tetap mengedepankan profesionalitas dalam pelaksanaan dan penyelenggaraan tahapan Pilkada 27 November mendatang

“Saya sangat berharap agar KPU profesional dan memiliki integritas dalam menyelenggarakan Pilkada,” tutur Ketua DPC PDIP Manggarai ini.

Sekiranya, pesta demokrasi Pilkada tahun 2024 berjalan dengan baik, aman, dan kondusif.

“Kita semua berharap berjalan sebagaimana mestinya. Terpenting adalah situasi tetap aman dan kondusif. Soal perbedaan adalah hal yang biasa,” tuturnya Paul Peos.(*)

Follow Berita FajarNTT.com di Google News

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti FajarNTT.com WhatsApp Channel di ponsel kamu

CATATAN REDAKSI: apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada redaksi kami EMAIL.
Sebagaimana diatur dalam Pasal (1) Ayat (11) Dan (12) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.

Konten

Komentar

You must be logged in to post a comment.

Terkini Lain

Konten