close menu

Masuk


Tutup x

PT PLN UIP Nusra Gelar Kegiatan FPIC/PADIATAPA di Gendang Gonggor, Satar Mese

PT PLN UIP Nusra
Tua Gendang Gonggor, Gabriel Nganggur, saat Menerima Dokumen Komitmen atau Surat Jaminan Pihak PLN bagi Warga Poco Leok atau Warga di Sekitar PLTP. (Foto: Tim/FAJARNTT.COM)

Penulis: | Editor: Ana Halima

RUTENG, FAJARNTT.COMPT PLN UIP Nusra menggelar FPIC/PADIATAPA terkait PSN PLTP Ulumbu unit 5-6 Poco Leok di Gendang Gonggor, desa Wewo kecamatan Satar Mese, pada Sabtu 30 September 2023.

Free Prior Informed Consent (FPIC) atau persetujuan atas dasar informasi di awal tanpa paksaan (PADIATAPA) di maksudkan supaya masyarakat adat di gendang Gonggor, di kec. Satar Mese ini mendapat informasi yang lengkap.

Transparan tentang pembangunan apa saja yang dilakukan, resiko dampak lingkungan, keselamatan, dan, kesehatan.

Baca Juga:  Melalui PLN Peduli, PT PLN Beri Bantuan Pemasangan Instalasi Listrik bagi Warga Kurang Mampu di Poco Leok
Baca Juga:  PT PLN Perusahaan yang Mampu Beradaptasi Terhadap Perubahan Zaman dan Disrupsi Teknologi

Kemudian, juga soal manfaat seperti apa dan lainnya sebelum mengambil keputusan untuk mendukung atau menolak pembangunan tersebut tanpa paksaan atau intimidasi.

Kegiatan FPIC/PADIATAPA oleh PLN UIP Nusra ini bertujuan mengkomunikasikan atau menjelaskan informasi yang wajib di sampaikan kepada warga di Gendang Gonggor (WKP Ulumbu) terkait proyek pengembangan Geothermal unit 5-6 ulumbu.

Tim PLN UIP Nusra, dalam pemaparan soal Geothermal di hadapan peserta yang hadir menjabarkan bahwa Geothermal merupakan energi alternatif yang ramah lingkungan.

Bahwa awalnya, pelaksanaan Geothermal sangat sulit di Indonesia meskipun cadangan energi Panas Bumi atau Geothermal sebagai yang terbesar di dunia.

Hal itu karena Produk Undang-undang di Indonesia kala itu mendefinisikan aktivitas geothermal sebagai aktivitas pertambangan (Undang-undang No. 27/2003).

Mengimplikasikan bahwa hal ini melarang pelaksanaannya di wilayah hutan lindung dan area konservasi (Undang-undang No. 41/1999).

Follow Berita FajarNTT.com di Google News

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti FajarNTT.com WhatsApp Channel di ponsel kamu

CATATAN REDAKSI: apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada redaksi kami EMAIL.
Sebagaimana diatur dalam Pasal (1) Ayat (11) Dan (12) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.

Konten

Komentar

You must be logged in to post a comment.

Terkini Lain

Konten