close menu

Masuk


Tutup x

Wabup Heri Ngabut Serahkan Sertifikat Kursus Kecakapan: Jadilah Wirausaha yang Cakap

Wabup
Wakil Bupati Manggarai, Heribertus Ngabut Menyerahkan Sertifikat Kursus Kecakapan Hidup Kepada 200 Peserta (Foto: CA/FAJARNTT.COM)

Penulis: | Editor:

RUTENG, FAJARNTT.COM – Wabup (Wakil Bupati) Manggarai, Heribertus Ngabut menyerahkan sertifikat kepada 200 peserta kursus kecamatan hidup di Kabupaten Manggarai, pada Selasa (19/12/2022).

Penyerahan sertifikat itu setelah peserta menjalani pelatihan kecakapan hidup selama 4 bulan di UPTD SKB Randong.

Dinas PPO Manggarai selaku penyelenggara kegiatan membagi peserta pelatihan ke dalam 5 kategori, yaitu Barbershop 40 orang, Tata Rias Kecantikan 40 orang, Tata Busana 40 orang, Tata Rias Pengantin 40 orang, dan Bahasa Inggris.

Sebagai informasi, peserta pelatihan mayoritas generasi milenial yang berasal dari 12 kecamatan di kabupaten Manggarai.

Kemudian, turut hadir juga Kadis Kominfo Manggarai Heribertus Jelamu, Sekretaris PPO Wensislaus Sedan, dan para instruktur.

Wabup Heri Ngabut dalam penyampaiannya memberikan motivasi kepada peserta tentang pentingnya memiliki keterampilan yang baik.

“Keterampilan itu pada tataran teknis dan pelayanan,” katanya.

Dalam bidang jasa seperti Barbershop, kata Wabup, pelayanan prima itu menjadi sangat penting untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan.

Menumbuhkan Jiwa Wirausaha

Wabup Heri pun berharap semua peserta pelatihan mampu mewujudnyatakan ilmu selama 4 bulan dalam bentuk tindakan. Selain itu, peserta juga harus mampu menumbuhkan jiwa entrepreneurship (kewiraswastaan).

“Dengan adanya kegiatan ini, saya berharap dapat menumbuhkan jiwa entrepreneurship, dan siap menjadi wirausaha yang cakap,” harapnya.

Saat yang sama, Kepala SKB Randong Sebastiana Ngening dalam laporannya menyampaikan program kecakapan hidup ini, setelah melalui proses secara sistematis dan penyelesaiannya dalam bentuk laporan hasil belajar dengan penyerahan sertifikat.

Lanjutnya, sebagai bentuk apresiasi dan motivasi peserta kursus kecakapan hidup ini juga menerima bekal berupa peralatan kerja masing-masing, sesuai dengan keterampilannya.

“Kami berharap pemberian sertifikat dan peralatan kerja ini harus dipertanggungjawabkan dalam bentuk kerja nyata, dengan mengamalkan ilmu dan keterampilan yang telah diterima selama belajar di UPTD SKB Randong,” ungkap Sebastiana.

Sementara itu, Avelina Salju merasa bangga menjadi bagian untuk mengikuti kursus kecakapan hidup itu.

Peserta dari keterampilan Tata Rias itu mengungkapkan, bahwa ia menerima banyak sekali ilmu baru selama berproses.

“Terima kasih kepada pemerintah yang sudah selenggarakan kegiatan ini. Saya sangat bangga menjadi bagian dari kursus ini dan banyak yang saya dapat selama mengikuti kursus,” tutupnya.

Follow Berita FajarNTT.com di Google News

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti FajarNTT.com WhatsApp Channel di ponsel kamu

CATATAN REDAKSI: apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada redaksi kami EMAIL.
Sebagaimana diatur dalam Pasal (1) Ayat (11) Dan (12) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.

Konten

Komentar

You must be logged in to post a comment.

Terkini Lain

Konten