close menu

Masuk


Tutup x

Mahasiswa Unika Gelar Baksos Bersih Sampah di Pasar Inpres Ruteng

mahasiswa
Ratusan Mahasiswa Unika Ruteng Gelar Bakti Sosial Bersih Sampah di Pasar Inpres (Foto: RK/FajarNTT.com)

Penulis: | Editor:

RUTENG, FAJAR NTT – Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Unika Santu Paulus Ruteng melaksanakan kegiatan bakti sosial (Baksos) bersih sampah di Pasar Inpres Ruteng, Kabupaten Manggarai.

Ano Wagut selaku Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Kesehatan periode 2022/2023 mengungkapkan bahwa kegiatan ini bukan saja memungut dan membersihkan sampah, juga penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat.

“Kegiatan ini sebagai bentuk pengabdian pihak kampus kepada masyarakat. Kami juga sebarkan pamflet dan poster tentang kebersihan lingkungan sangat penting untuk kesehatan,” katanya kepada media ini, Sabtu, 10 September 2022.

Menurut Ano, tujuan dari kegiatan bakti sosial untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat betapa pentingnya kebersihan lingkungan bagi kesehatan.

“Kegiatan ini juga bukan hanya menyadarkan masyarakat, tetapi juga bagi mahasiswa itu sendiri. Jika kita melihat mahasiswa sekarang mereka lebih dominan membuang sampah daripada memungut sampah,” terangnya.

Ia berharap semoga dengan adanya kegiatan ini, semua bisa memahami betapa pentingnya kebersihan lingkungan.

(Foto: RK/FajarNTT.com)

Kemudian, Theofilus Acai Ndorang selaku Koordinator BEM Fakultas Ilmu Kesehatan mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi dari pembentukan soft skill.

“Kegiatan ini juga bentuk dukungan dari gerakan Indonesia bersih. Sebagai mahasiswa kesehatan tentunya menjadi garda terdepan dan sudah menjadi program kerja bulanan dari BEM Fakultas Ilmu kesehatan,” katanya.

Sementara itu, salah satu penjual sayur inisial M menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada mahasiswa yang bersedia membersihkan sampah.

Ia juga menyampaikan rasa sesal dan malu melihat mahasiswa yang membersihkan tempat jualan mereka.

“Sejujurnya kami merasa malu kepada mahasiswa. Malu karena tidak ada kesadaran dari kami selaku penjual,” ujarnya.

Penjual sayur itu berharap Pemda Manggarai untuk memperhatikan tempat penampungan sampah.

“Semoga pihak Pemda memperhatikan fasilitas umum di pasar, seperti WC dan tempat penampungan sampah sementara. Kemudian mohon perhatikan kembali tempat parkiran yang sudah menjadi tempat jualan,” harapnya.

Follow Berita FajarNTT.com di Google News

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti FajarNTT.com WhatsApp Channel di ponsel kamu

CATATAN REDAKSI: apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada redaksi kami EMAIL.
Sebagaimana diatur dalam Pasal (1) Ayat (11) Dan (12) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.

Konten

Komentar

You must be logged in to post a comment.

Terkini Lain

Konten