oleh

Bertambah 10 Orang Positif Rapid Test Antigen di Kecamatan Riung

Ngada, FajarNTT.com – Gugus tugas dari tenaga kesehatan percepatan penanggulangan Covid-19 Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) terus melakukan tracking ke orang-orang yang diduga kontak dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19, meskipun tenaga kesehatan akan menghadapi resiko meningkatnya angka kasus terinfeksi Covid-19.

Baca Juga : Gelar Musrenbang, Camat Congkar : Ada 4 Desa Yang Harus Jadi Desa Berkembang

Meminimalisir penambahan terkonfrmasi positif Covid-19, satuan tenaga kesehatan Puskesmas Riung melaksanakan tracking kepada masyarakat.

Pantauan langsung FajarNTT.com, kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Puskesmas Riung, Syahrudin Kola, Skm, dr. Reinhard Nahumury, dan beberapa tim swab gugus tugas tenaga kesehatan di Desa Sambinasi Damu dan Kelurahan Benteng Tengah, Selasa (2/3/2021) pukul 16:30 Wita.

Kepada media ini, Syahrudin Kola menjelaskan dengan adanya perkembangan sedikit meningkat di wilayah Kecamatan Riung, tim gugus dari satuan kesehatan merespon cepat dan langsung berkoordinasi dengan keluarga atau kerabat, sehingga perlu dilakukan penelusuran siapa saja yang terlibat kontak langsung dengan pasien. Dan terus berupaya menekan penyebaran virus corona (Covid-19).

“Tetap mengikuti protokol kesehatan yang diterapkan, karena ini bukan sanksi sosial,” terangnya.

Kemudian, dr. Reinhard Nahumury juga menuturkan bahwa satgas melalui Dinkes berupaya memaksimalkan 3T terus aktif.

“Melakukan tracking (pelacakan), testing (pengujian), treatment (pengobatan) adalah salah satu upaya penanganan Covid-19. Dukungan upaya 3T ini dengan bersedia melakukannya, dan stop stigma pada pasien Covid-19. Karena harus didukung dengan kesadaran masyarakat untuk aktif melaporkan yang terjadi di lingkungan keluarga dan sekitarnya sehingga kasus virus Covid-19 tidak bertambah seperti hari ini yang terjadi. Kami juga melakukan penyemprotan disinfektan,” ujarnya.

Baca Juga : Gelar Musrenbang, Camat Congkar : Ada 4 Desa Yang Harus Jadi Desa Berkembang

Kasus terkonfirmasi positif rapid tes antigen di Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada terhitung Kamis, 25 Februari 2021 bertambah 10 orang. Di wilayah kerja UPTD Rawangkalo bertambah 3 orang, sementara wilayah kerja UPTD Riung 7 orang. Satu diantaranya dari Desa sambinasi Damu, sehingga total positif rapid tes antigen berjumlah 26 Orang. Dan 2 orang dikarantina mandiri berinisial HM dan VW. 2 pasien diruangan isolasi RSUD bajawa, sehingga 22 orang lainnya karantina terpusat di Turekisa.

Baca Juga :  Satu Orang Terkonfirmasi Positif di Reok, Ini Hasil "Screening" Satgas Covid-19 Manggarai

Dari semua informasi yang media ini dapatkan, dibenarkan oleh Kepala Puskesmas Rawangkalo dan Kepala Puskesmas Riung yang juga merupakan satuan tugas gugus Covid-19.

Penulis : N.Firman

Editor : Vincent Ngara

News Feed