close menu

Masuk


Tutup x

Puskesmas Golowelu Gelar Lokakarya Mini, Camat Kuwus : Pentingnya Pencegahan daripada Mengobati

Puskesmas
Lokakarya Lintas Sektor di Aula Puskesmas Golowelu (Foto : Olizh Jagom/FajarNtt.com)

Penulis: | Editor:

LABUAN BAJO, FAJAR NTT – Puskesmas Golowelu, Kecamatan Kuwus, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) menggelar lokakarya mini lintas sektoral di Aula Puskemas Golowelu, Selasa (22/12/2020).

Pantauan media ini, hadir dalam kegiatan itu, Camat Kuwus, Fransiskus Male, Kapolsek Kuwus, Ipda Matheos A.D. Siok, Babinsa 1612-08, Serka Fabianus Gabi, Kasi Ekbang, Yoseph Gagung, Kepala Puskesmas Golowelu, Yoseph Sudi, para kepala UPTD serta para kepala desa dan tokoh masyarakat se-kecamatan Kuwus.

Baca Juga : Bertambah 15, Total Positif Covid-19 di Manggarai 17 Orang

Camat Kuwus, Fransiskus Male dalam sambutannya mengatakan, kesehatan merupakan salah satu kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, Pemerintah melalui instansi terkait selalu berupaya untuk memenuhi kebutuhan itu.

“Kegiatan ini sangat penting sebagai salah satu upaya mewujudkan kebutuhan kesehatan masyarakat di kecamatan Kuwus,” ujarnya.

Ia mengatakan, sangat peduli dengan masalah kesehatan masyarakat. Pihaknya menekankan kepada pihak Puskesmas Golowelu sebagai garda terdepan dalam memberi pelayanan bidang kesehatan bagi masyarakat, harus lebih mementingkan pencegahan daripada mengobati.

“Kiranya Puskesmas sebagai orang yang paham soal kesehatan lebih mementingkan tindakan pencegahan daripada mengobati,” pintanya.

Dirinya juga menyentil terkait bahaya Covid-19. Ia menghimbau agar tetap dilakukan sosialisasi pencegahan virus berbahaya tersebut.

Covid-19 ini belum selesai, sehingga kita perlu tetap memperhatikan anjuran kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M),” terangnya.

Kapolsek Dukung Puskesmas Golowelu

Pada kesempatan yang sama, Kapolsek Kuwus, Ipda Matheos A.D. Siok menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Puskesmas Golowelu atas terjalinnya kerjasama yang baik selama ini.

“Mewakili institusi Polri, saya sampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Puskesmas Golowelu yang selama ini sudah bekerjasama dengan kami, terutama dalam hal penerbitan visum et repertum. Semoga kemitraan ini akan tetap berjalan baik kedepannya,” ucapnya.

Ipda Matheos juga mengatakan akan selalu mendukung kegiatan Puskesmas dalam kegiatan apapun.

“Kami akan selalu dukung kegiatan apapun dari Puskesmas ini. Selama ini, kami selalu mendampingi setiap petugas yang turun ke lapangan, misalnya dalam kegiatan pengawasan obat dan makanan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu juga, Ipda Matheos tak lupa berpesan terkait larangan menjelang pelaksanaan hari raya Natal.

Ia menghimbau agar dalam menyambut Natal nanti tidak boleh bereforia secara berlebihan.

“Seperti kita ketahui bahwa sebentar lagi kita akan menyambut Natal. Saya menghimbau agar kita sama-sama menjaga Sitkamtibmas di lingkungan kita, misalnya tidak boleh adakan pesta-pesta. Kemudian, harus meniadakan penggunaan mercun dan kembang api. Hal ini agar tidak mengganggu ketentraman dari masyarakat yang beribadah,” tegasnya.

Mengakhiri sambutannya, Kapolsek Kuwus sampaikan ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah bersama-sama menjaga Sitkamtibmas di wilayah hukum Polsek Kuwus, sehingga Pilkada Manggarai Barat berjalan lancar, aman, damai dan sehat.

“Hal itu berarti, masyarakat telah memiliki pemahaman yang baik terhadap demokrasi,” tandasnya.

Sebagai informasi, kegiatan lokakarya ini menghasilkan beberapa kesepakatan, antara lain adalah himbauan kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dan harus ada hari khusus untuk bakti lingkungan.

Kemudian, dalam hal pemberian pelayanan terutama untuk ibu hamil, harus mementingkan utamakan pemberian tindakan. Selain itu, upaya penekanan jumlah angka stunting juga menjadi fokus dengan cara memberi gizi tambahan kepada ibu hamil.

Follow Berita FajarNTT.com di Google News

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti FajarNTT.com WhatsApp Channel di ponsel kamu

CATATAN REDAKSI: apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada redaksi kami EMAIL.
Sebagaimana diatur dalam Pasal (1) Ayat (11) Dan (12) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.

Konten

Komentar

You must be logged in to post a comment.

Terkini Lain

Konten