close menu

Masuk


Tutup x

Sebas Salang: Potensi di NTT Perlu Dimaksimalkan Dimulai dengan Penataan Birokrasi

Sebas Salang
Bakal Calon Wakil Gubernur NTT, Sebastian Salang (Foto: VN/FAJARNTT.COM)

Penulis: | Editor: Vincent Ngara

RUTENG, FAJARNTT.COM – Sebas Salang mengungkapkan bahwa dia memiliki komitmen untuk memaksimalkan potensi Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hal itu ia ungkap saat bertatap muka dengan awak media di Ruteng, Kabupaten Manggarai, Provinsi NTT, pada Rabu, 31 Januari 2023.

Menurut Sebastian Salang, hal itu butuh keseriusan untuk memaksimalkan semua potensi-potensi yang ada di NTT.

“Kita perlu menggarap potensi yang belum maksimal di NTT untuk dikembangkan. Misalnya dermaga di NTT, itu belum dimaksimalkan dan berdampak kepada produk-produk kita yang misalnya hasil bumi seperti advokat, itu karena kurang adanya manajemen yang baik. Bagaimana kapal-kapal besar itu bisa masuk untuk muat hasil bumi kalau dermaganya belum ditata dan dikelola dengan baik,” kata bakal calon wakil gubernur NTT ini.

Lalu banyak sekali birokrat-birokrat di NTT ini yang bagus. Akan tetapi, kata dia kalau orang yang punya potensi bagus dan tidak ditempatkan sesuai dengan porsinya bisa tidak maksimal kerjanya.

“Saya mencontohkan Ahok ketika menjadi Gubernur DKI Jakarta, ia mencoba menata birokrasi di Pemda. Sebenarnya dia (Ahok) sudah berhasil tetapi karena tidak di support oleh birokrat yang berkompeten, sehingga ia pun sekiranya berjalan sendiri,” ungkapnya.

“Birokrat kita di NTT sebenarnya sudah ada di semua bidang, pertanyaannya apakah itu sudah mendukung produktifitas yang ada atau orientasinya masih pada proyek, Itu yang perlu kita pikirkan. Anggaran negara itu harus berorientasi pada produktifitas bukan sebaliknya,” terang pria yang berpasangan dengan bakal calon gubernur Orias Petrus Moedak ini.

Menata Birokrasi

Menurutnya, penting sekali untuk menata birokrasi sehingga semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk menduduki jabatan tersebut, karena NTT memiliki potensi yang perlu dimaksimalkan dimulai dengan penataan birokrasi.

“Salah satu contoh negara Korea Selatan. Salah satu faktor yang mendorong Korea Selatan begitu majunya adalah mulai dengan pembangunan dari desa. Jadi kita harus mendorong pembangunan itu sebenarnya mulai dari desa, karena desa memiliki potensi yang sangat besar tentu itu mulai juga dengan penataan birokrasi,” tutup Sebas Salang. (*)

Follow Berita FajarNTT.com di Google News

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti FajarNTT.com WhatsApp Channel di ponsel kamu

CATATAN REDAKSI: apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada redaksi kami EMAIL.
Sebagaimana diatur dalam Pasal (1) Ayat (11) Dan (12) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.

Konten

Komentar

You must be logged in to post a comment.

Terkini Lain

Konten