close menu

Masuk


Tutup x

Rektor Unika Sebut Menteri Johnny Tokoh Inspirasi dan Motivator bagi Anak Muda

rektor
Rektor Unika Santu Paulus Ruteng, Prof. Dr. Yohanes S. Lon, M.A. Mendampingi Menkominfo Johnny G. Plate dalam Pergelaran Literasi Digital Kota Ruteng (Foto: Ist.)

Penulis: | Editor:

RUTENG, FAJAR NTT – Rektor Unika Santu Paulus Ruteng, Prof. Dr. Yohanes S. Lon, M.A. menyebut bahwa Menkominfo Johnny G. Plate sebagai tokoh inspirasi dan motivator bagi anak muda di Manggarai Raya dan NTT serta nusantara pada umumnya.

Hal itu Rektor Unika sampaikan dalam sambutannya pada pergelaran Literasi Digital di Kota Ruteng #MakinCakepDigital di Aula Missio Unika Santu Paulus Ruteng, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Provinsi NTT, pada Jumat (4/11/2022) pagi.

“Kami memandang kehadiran Bapak Menteri dan Bapak Dirjen sebagai bentuk perhatian, kepedulian, dan cintanya terhadap dunia pendidikan khususnya bagi mahasiswa Unika Santu Paulus Ruteng. Bapak Jhonny adalah putra asli tanah congkasae yang telah sukses menjadi tokoh internasional. Seorang tokoh yang telah sukses menjadi pengusaha tingkat nasional. Seorang yang sukses sebagai politisi, seorang yang sukses sebagai menteri dalam kabinet Jokowi. Kami tentunya mengagumi dan memberikan apresiasi kepada Bapak Jhonny atas prestasi yang telah ia peroleh. Pak Jhonny entah sadar atau tidak sadar menjadi tokoh inspirasi dan motivator bagi anak muda di Manggarai Raya ini dan di NTT serta nusantara pada umumnya,” ungkapnya.

Rektor Jhon Lon mengatakan sebagian besar mahasiswa di kampus Unika Ruteng telah menjadikan Menteri Jhonny sebagai tokoh idola dalam memperjuangkan masa depan mereka. Selain itu, kata dia, sebuah berkat dan anugerah untuk kampus ini khususnya bagi mahasiswa bahwa hari ini Menkominfo telah ada bersama mahasiswa untuk kegiatan literasi digital.

Literasi Digital 
rektor
Rektor Unika Ruteng Sambut Kedatangan Menkominfo Johnny G. Plate dengan Ritus Adat Manggarai “Manuk Kapu” dan “Tuak Curu” (Foto: Ist.)

Kemudian Rektor Jhon Lon juga menyampaikan informasi secara singkat tentang keberadaan kampus Unika Santu Paulus Ruteng.

Baca Juga:  Empat Mahasiswa SEP Unika Ruteng Gelar PKL di UD Maju Bersama Bajawa

“Kami mempunyai empat fakultas dengan tiga belas program studi. Fakultas pendidikan, fakultas kesehatan, fakultas teknik dan fakultas pertanian dan peternakan. Kami saat ini mempunyai 199 dosen, 90 pegawai, dan 5821 mahasiswa. Patut kami informasikan lebih dari 80% mahasiswa kami yang berasal dari latar belakang keluarga petani, nelayan, dan ekonomi lemah. Lebih dari 75% adalah perempuan,” katanya.

Kehadiran Menteri Johnny, kata Rektor Unika, tentunya memberi semangat dan motivasi baru kepada kampus Unika Ruteng khususnya bagi mahasiswa. Kemudian untuk mencerahkan, membuka wawasan, dan memperkuat tingkatan dalam penggunan teknologi dan media digital secara benar dan bertanggungjawab.

“Kami sungguh yakin bahwa kemampuan literasi digital menjadi prasarana bagi mahasiswa dan mampu berkempetisi untuk meraih lapangan kerja masa kini dan masa mendatang. Kampus kami juga sudah lama bermimpi untuk menjadi kampus yang selalu akrab dengan perkembangan teknologi digital dan teknologi berbasis komunikasi. Kami bermimpi agar mahasiswa kami memiliki kesadaran dan kemampuan digital dalam kecakapan, keamanan, budaya, dan etika. Namun kami harus jujur menyampaikan kepada Bapak Menteri, bahwa kami masih mengalami banyak kendala terutama dalam mewujudkan misi tersebut. Salah satu masalah praktis yang kami alami terkait akses internet yang sangat terbatas,” tutupnya.

Pantauan media ini, turut hadir pada kegiatan itu Dirjen serta jajaran Kementerian Komunikasi dan Informatika, Bupati Manggarai Herybertus G.L. Nabit, pegiat UMKM, pegiat komunitas, tamu undangan serta ratusan peserta dari mahasiswa Unika Ruteng dan murid sekolah sekitaran wilayah kota Ruteng.

Follow Berita FajarNTT.com di Google News

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti FajarNTT.com WhatsApp Channel di ponsel kamu

CATATAN REDAKSI: apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada redaksi kami EMAIL.
Sebagaimana diatur dalam Pasal (1) Ayat (11) Dan (12) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.

Konten

Komentar

You must be logged in to post a comment.

Terkini Lain

Konten