close menu

Masuk


Tutup x

Wens Sedan: Persoalan di SMPN 6 Ruteng Sudah Selesai, Saya Sudah Bicara dengan Pak Alfons

Wens Sedan
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai, Wensislaus Sedan, S.Pd., M.Si. (Foto: FAJARNTT. COM)

Penulis: | Editor: Vincent Ngara

RUTENG, FAJARNTT.COM – Wens Sedan menyampaikan bahwa situasi ujian di SMPN 6 Ruteng berjalan sebagaimana mestinya tanpa ada halangan.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai ini mengungkapkan dinamika yang terjadi di SMPN 6 Ruteng adalah hal yang lumrah.

“Ini hal yang biasa. Saya tadi sudah bertemu dengan pak mantan kepala sekolah (merujuk Alfonsius Tanggur). Dan kami sudah bicara dari hati ke hati. Menurut saya, semua persoalan pasti ada solusi,” kata Kadis Wensislaus Sedan, S.Pd., M.Si, dirumahnya, pada Sabtu sore, 23 Maret 2024.

Demikian halnya, kata dia, hak untuk mendapatkan pendidikan dan pengajaran itu adalah hak konstitusional, bahkan dalam UU Nomor 20 Tahun 2023 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, peserta didik harus mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

“Anak-anak sekolah membutuhkan pendidikan yang bermutu artinya siapapun oknumnya, siapapun kelompoknya, siapapun orangnya tidak punya hak untuk melarang anak-anak untuk mendapatkan pendidikan. Oleh karena itu, bila ada dinamika soal mutasi kepala sekolah itu penyelesaiannya pada tingkat kebijakan dan tidak boleh berimplikasi atau menghalangi anak untuk mendapatkan pendidikan dan pengajaran,” terangnya.

“Saya sendiri ke SMPN 6 Ruteng untuk memastikan pelaksanaan ujian berjalan dengan baik. Faktanya berjalan dengan aman dan terkendali. Peserta didik mengikuti ujian berbasis android,” terangnya lagi.

Harap Masyarakat Mendukung KBM

Kepala Dinas yang terkenal ramah dan kocak ini berharap masyarakat mendukung pelaksanaan pendidikan kegiatan belajar mengajar (KBM) yang ada di SMPN 6 Ruteng.

“Saya secara pribadi sudah melakukan pendekatan dengan tokoh masyarakat di sekitar SMPN 6 Ruteng di Rentung, bahwa ada dinamika soal mutasi kepala sekolah, mari kita tetap mendukung proses pembelajaran di SMPN 6 Ruteng,” tutur Kadis Wensislaus Sedan.

Wens Sedan
Kadis Wens Sedan bersama Mantan Kepsek Alfonsius Tanggur Pantau Pelaksanaan Ujian di SMPN 6 Ruteng, Sabtu pagi (23/3). (Foto: Dok. Pribadi)

Sebagai informasi, polemik yang terjadi di SMPN 6 Ruteng berangkat dari dugaan ketidakpuasan Alfonsius Tanggur terhadap kegiatan pelantikan dan pergeseran kepala sekolah di Kabupaten Manggarai, pada Kamis sore (21/3/2024).

Mantan kepala sekolah SMPN 6 Ruteng ini meluapkan kekesalan, Kamis malam (21/3), merujuk pada akun facebook ‘Alfons Sius’.

Akun tersebut menulis meniadakan kegiatan pelaksanaan ujian di SMPN 6 Ruteng. Postingan tersebut menimbulkan perdebatan, hingga kini mendapatkan 89 like dan 22 komentar.

“Selamat malam Bapak dan ibu guru smpn 6 Ruteng RENTUNG, besok batal ujian, siswa/i di pulangkan, segala resiko siap saya pertanggung jawabkan,” tulis akun facebook Alfons Sius.(*)

Iklan

Komentar

You must be logged in to post a comment.